July 12, 2020

Sejarah dan Resep Kue Pukis

Resep Membuat Kue Pukis Keju yang Gampang, Enak dan Lumer di Lidah!

Makanan manis memang sering menjadi kudapan favorite banyak orang, terlebih lagi di Indonesia sendiri sangat banyak jajanan pasar seperti kue basah yang memiliki rasa manis yang legit. Salah satunya adalah kue pukis, siapa sih yang tidak tahu dengan kue khas Indonesia yang satu ini. kita pasti sering mendapati penjual-penjual kue pukis di pinggir jalan atau di pasar-pasar malam di kota-kota Indonesia. apa kaian sudah tahu kalo kue pukis ini merupakan kue sederhana yang berasal dari daerah jawa tengah yaitu banyumas. Sekarang ini kue pukis bisa kita dapati dimana saja di kota-kota Indonesia. kue pukis ini merupakan kue yang memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang sederhana tetapi tetap enak. Perlu kalian ketahui bahwa kue pukis ini merupakan kue yang berbahan dasar sangat sederhana yaitu terbuat dari tepung terigu, gula, santan, telur dan ragi yang kemudian di aduk dan di masak dengan menggunakan cetakan pukis. Sekarang ini pukis sudah berbagai macam rasa dimulai dari rasa pandan, cokelat dan masih banyak lagi. selain itu pukis sekarang juga sudah diberikan berbagai macam toping saat pemasakannya. Ha ini membuat kue pukis mengikuti zaman dan masih tetap disukai oleh banyak orang di berbagai kalangan di Indonesia.

Tapi jika kita lihat-lihat kue pukis ini terlihat seperti akulturasi dari kue waffle yang berasal dari barat. Perlu kalian ketahui juga, sebenarnya kue pukis ini tidak benar-benar berasah dari Indonesia. kue pukis ini merupakan makanan dari china, memang kita ketahui makanan china sangat menyebar luas di Indonesia baik dari makanan berat hingga makanan ringan dan salah satunya adalah si kue pukis ini.

Sejarah dari kue pukis bisa tersebar di Indonesia merupakan cerita dari zaman dahulu sekai. Dimana pada zaman dahulu ada beberapa pemuda Indonesia yang berasal dari desa sampan kebumen, para pemuda ini merupakan pekerja dari seorang tuan yang berasal dari tionghoa. Dan orang tionghoa ini mempekerjakan pemuda Indonesia tersebut sebagai pembuat kue pukis. Pada awanya pemilik usaha kue ini sangat merahasiakan resep pukis yang dijualnya. Namun lama-kelamaan orang tionghoa tersebut membagikan resep tersebut pada para pekerja yang merupakan pemuda Indonesia, setelah mereka tidak bekerja lagi di tempat ornag tionghoa tersebut, para pemuda tersebut mulai membuat kue pukis dan memulai usaha kue pukisnya sendiri, dan dari saat itu lah kue pukis mulai tersebar di Indonesia hingga saat ini pun kue pukis sangat populer.

Untuk kalian yang ingin kue pukis, kalian bisa loh membuatnya sendiri dirumah dengan mudah. pada artikel kali ini kami tidak hanya membahas sejarah kue pukis tapi kami juga akan membagikan resep pukis enak dan sederhana pada kalian.

Bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula
  • 150 ml santan
  • 3 butir telur
  • 1 sendok makan ragi (15 gram)
  • 6 sendok makan air hangat

Cara Memasak kue pukis:

  1. Campur ragi dengan air hangat sampai larut, sisihkan
  2. Kocok gula dan telur sampai tercampur rata (gunakan kocokan)
  3. Tambahkan tepung dalam sedikit demi sedikit, sambil diaduk terus menerus hingga habis.
  4. Masukkan ragi, aduk lagi dan akhirnya masukkan santan, aduk hingga rata.
  5. Diamkan adonan selama 20-30 menit.
  6. Panaskan cetakan kue pukis, tuang adonan ke dalam cetakan kurang lebih 1/3 tutup
  7. Setelah lubang muncul di permukaan kue, masukkan topping cokelat atau irisan keju cheddar, tutup lagi.
  8. Atau Anda bisa menambahkan selai stroberi dalam kue. Masak sampai permukaan kue kering, angkat dan sajikan.

Cobalah resep pukis ini, karena begitu sederhana membuatnya dan rasanya juga enak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *