Tips Ibadah Bulan Ramadhan Dari WHO

Menag Fachrul Razi Usul Larangan Ibadah di Luar Rumah Dilonggarkan

Pastinya bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat ditunggu oleh umat muslim di belahan dunia. Namun, tahun ini umat muslim harus menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan sedikit berbeda dari biasanya. Pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia sangat berpengaruf pada berbagai sektor kehidupan manusia. Termasuk mempengaruhi kegiatan peribadahan umat muslim pada bulan Ramadhan 2020 kali ini.

Misalnya, bulan suci Ramadhan yang identik dengan ibadah berjamaah di masjid, buka puasa bersama, tadarus Al Quran, pengajian dan aktivitas lainnya yang bisa menimbulkan kerumunan banyak orang, untuk sementara waktu ditiadakan. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi virus corona. Dengan adanya pandemi corona, bukan berarti menjadi faktor untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Dalam hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan respon agar tidak menjadikan pandemi Covid-19 ini sebagai alasan untuk tidak berpuasa. Justru kondisi ini bisa menjadi momentum guna meningkatkan ibadah kepada Allah Subhana wa ta’ala. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun memberikan tips ketika menjalani puasa Ramadhan di tengah merebaknya pandemi virus corona. Berikut tips ibadah bulan Ramadhan menurut kumpulan artikel seputar ramadan di tengah pandemi Covid-19 :

  1. Penting Jaga Jarak Di Sekitar Banyak Orang

Tips yang pertama adalah jaga jarak di sekitar banyak orang saat menjalani puasa Ramadhan di tengah pandemi corona. Dalam hal ini, jaga jarak fisik yang harus diterapkan setidaknya 1-2 meter. Bukan hanya itu, beberapa tips menjaga jarak fisik yang dianjurkan oleh WHO diantaranya :

– Membatasi berkumpul di tempat keramaian seperti tempat hiburan, pasar, dan toko.

– Jika sakit atau memiliki penyakit rentan corona untuk tidak menghadiri pertemuan dan dianjurkan agar tetap di rumah saja.

  1. Jika Harus Menghadiri Pertemuan Saat Ramadhan

Tips dari WHO saat jalani puasa di tengah pandemi Covid-19, jika tetap harus dilakukan pertemuan seperti sholat berjamaah, ziarah, pengajian, atau berbuka bersama diantaranya :

– Pertimbangkan supaya memilih tempat di luar ruangan dan memiliki ventilasi udara yang memadai.

– Mempersingkat acara atau pertemuan guna mencegah virus covid-19.

– Batasi jumlah orang dalam pertemuan saat acara Ramadhan 2020.

– Patuhi aturan sesuai anjuran guna mencegah pandemi virus corona, seperti cuci tangan, jangan jarak fisik, dan menjaga kebersihan tempat.

  1. Menjaga Lingkungan Masjid

Berikut tips dari WHO saat menjalankan puasa Ramadhan di tengah pandemi virus corona sebagai berikut :

– Menjaga kebersihan diri saat berada di masjid, termasuk menjaga fisik, etika batuk dan lainnya sesuai yang telah ditetapkan.

– Terdapat fasilitas cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, air, hand sanitizer dengan alkohol 70%.

– Tersedianya tempat sampah sekali pakai serta menjamin pembuangan limbah secara aman.

– Menggunakan sajadah pribadi sebagai alas saat di masjid.

– Lakukan pembersihan rutin tempat ibadah dengan disinfektan terutama pada lokasi yang sering disentuh atau digunakan berkumpul.

  1. Sebisa Mungkin Gunakan Platform Digital

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan platform digital. Jika interaksi secara langsung atau pertemuan tidak memungkinkan terjdi, maka anda bisa menggunakan fasilitas digital untuk tetap berkomunikasi.

Munkin itu saja artikel kali ini tentang tips dari WHO ketika menjalani ibadah puasa Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Semoga ibadah puasa Ramadhan kali ini lancar hingga akhir Ramadhan, dan semoga Covid-19 ini segera diangkat oleh Allah Subhana wa ta’ala. Aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *