Ciri menstruasi yang mirip dengan ciri-ciri hamil

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap Perempuan

Untuk banyak pasangan di manapun berada, memiliki keturunan memang hal yang ditunggu-tunggu, menimang bayi bersama pasangan merupakan hal yang sangat indah yang bisa dilalui bersama pasangan. Walaupun tak semua pasangan diberkahi dengan diberikannya keturunan, namun hal ini sebenarnya masih dapat diusahakan dengan beberapa hal. Bagi pasangan yang beruntung yang diberi kepercayaan untuk mendapatkan keturunan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menanti kehadiran sang buah hati agar kehadirannya sudah dipersiapkan dengan matang. Namun sebelum mempersiapkan banyak hal, mengetahui ciri-ciri kehamilan merupakan hal utama yang harus diketahui oleh setiap pasangan terlebih lagi jika yang sedang menantikan kehadiran sang buah hati. Ciri-ciri hamil memang dapat menjadi acuan keberadaan kehamilan, namun para calon ibu tetap harus memastikannya lagi dengan bantuan alat maupun dengan deteksi oleh tenaga kesehatan, hal ini dikarenakan ciri-ciri hamil yang agak mirip dengan ciri ketika kita akan mengalami menstruasi. Lalu apa saja ciri hamil yang dikatakan dengan ciri menstruasi? Kali ini akan dibahas mengenai ciri kehamilan yang kerap kali disamakan dengan ciri menstruasi

  1. Kram perut

Salah satu ciri ini bisa sangat banyak kamu temukan pada saat menjelang menstruasi, hal ini disebabkan karena terjadinya peluruhan dinding rahim ketika sel telur tidak dibuahi saat menstruasi. Namun jangan salah, ciri ini juga dapat kamu temukan saat menjelang kehamilan karena saat sel telur dibuahi terjadi penebalan dinding rahim yang bersiap untuk kehadiran janin dalam rahim. Namun kram perut saat menjelang kehamilan agak berbeda dengan kram perut saat menstruasi, kram perut saat menjelang kehamilan terjadi cukup lama karena ligamen terus bersiap seiring dengan menebalnya dinding rahim di trimester pertama kehamilan.

  1. Mual

Mual mungkin umum ditemukan di awal kehamilan, namun ketika menjelang saat menstruasipun sebagian besar orang merasakan gejala ini, hal ini karena tingginya produksi progesteron saat masa menstruasi, hal ini pula yang menjadikan terjadinya mual saat kehamilan karena saat hamil pun produksi progesteron meningkat.

  1. Payudara terasa kencang

Sama halnya dengan poin di atas, payudara kencang saat menjelang hamil dan menstruasi juga disebabkan oleh tingginya hormon progesteron yang diproduksi. Tapi pada saat menjelang hari ke 3 hingga 4 menstruasi, payudara akan terasa normal kembali karena normalnya kembali produksi progesteron.

  1. Sakit kepala dan pusing

Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron akan menyebabkan pusing dan sakit kepala juga di awal kehamilan maupun menstruasi. Namun jamu tidak usah khawatir karena hal ini tidak berlangsung lama saat menstruasi, namun jika terjadi dalam waktu yang cukup lama saat masa awal kehamilan lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter.

  1. Terdapat bercak kecoklatan

Saat menjelang kehamilan sebagian wanita akan mengalami adanya bercak kecoklatan yang keluar dari vagina, namun hal ini juga dapat terjadi saat menjelang menstruasi, yang membedakannya adalah ketika akan terjadi menstruasi darah akan terus keluar beberapa jam kemudian.

Beberapa ciri menstruasi memang mirip dengan ciri-ciri hamil, namun tidak perlu bingung karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikannya, diantaranya adalah menggunakan test pack untuk memastikan kehamilan, pastikan menguji dua hingga tiga kali untuk keakuratan yang tinggi. Selain itu jika kamu telah menggunakan test pack, pastikan lagi melalui periksa ke bidan atau dokter kandungan agar hasilnya lebih pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *