Inilah Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria Yang wajib Kamu Ketahui

Tanda Pria Sudah Tidak Perjaka, Ini 7 yang Paling Jelas di Antaranya

Ejakulasi merupakan proses keluarnya sperma dan cairan semen melalui penis akibat orgame. Ejakulasi normal terjadi ketika proses rangsangan seksual bersama lawan jenis. Namun apa yang terjadi pada orang yang mengalami ejakulasi dini adalah mereka yang mengalami ejakulasi  lebih cepat di saat berhubungan seksual. hilangnya kontrol saat ejakulasi sebetulnya tidak menjadi masalah jika hanya terjadi sesekali. Namun keluhan ini menjadi masalah ketika terjadi setiap kali akan berhubungan seksual. Nah, apakah kamu tahu penyebab ejakulasi dini? Yuk simak penjelasannya dibawah ya!

  1. Gangguan tiroid

Tiroid merupakan sebuah kelenjar yang berada di bagian leher, tepatnya di bawah laring. Hormon ini bisa mengalami kerusakan karena kelainan genetika, stres dan kekurangan gizi. Karena faktor tersebut seringkali kinerja tiroid terganggu seperti menjadi terlalu aktif atau sama sekali tidak bekerja. Jika hal ini terjadi akan mengganggu kamu ketika sedang berhubungan seksual karena menurunnya libido seks.

  1. Gangguan prostat

Hal yang paling dikhawatirkan oleh pria adalah gangguan prostat berujung sel kanker. Alasannya karena masalah pada prostat akan mempengaruhi keperkasaan seorang pria. Hal ini terjadi ketika kanker mulai diobati dengan terapi hormon dan mendapatkan perawatan pengobatan tertentu. Umumnya, terapi hormon yang diberikan bisa menurunkan kadar testosteron di tubuh, yang mana hormon ini sangat dibutuhkan pria untuk memiliki dorongan seksual.

  1. Gangguan seretonin

Hormon serotonin adalah hormon yang diproduksi oleh otak tengah dan batang otak. Serotonin berfungsi untuk memberikan rasa puas, kenikmatan dan meningkatkan gairah pada saat orgasme. Agar otak menghasilkan ormone ini secara baik kamu disebaiknya mengkonsumsi karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup. Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut akan meningkatkan kadar ormonean yang selanjutnya mampu meningkatkan kadar serotonin. Jika hal ini tidak dilakukan jangan kaget jika ormone serotoninmu terganggu.

  1. Stamina atau kondisi tubuh yang kurang baik

Olahraga merupakan aktifitas untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Namun tahukah kamu ternyata olahraga memiliki hubungan erat dengan kesehatan seksual? Menurut riset yang dilakukan Universitas Harvard, jika seseorang rajin berolahraga memiliki risiko ejakulasi dini 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah berolahraga. Begitu juga dengan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh University of British Colombia dengan berolahraga minimal 20 menit sehari akan meningkatkan hasrat seksual dan kepercayaan diri yang tinggi karena memiliki daya tarik secara fisik. 

  1. Merasa tertekan

Saat menjadi pengantin baru adalah momen yang paling mendebarkan karena pada saat itulah seorang pria ingin menunjukkan kejantanannya. Keinginan tersebut malah membuat pria merasa tertekan karena ingin terlihat hebat di depan pasangan dengan memperlihatkan performa terbaik. Perasaan tertekan yang dirasakan secara berlebihan akan memberikan efek psikologis berupa rasa takut dan cemas yang mengakibatkan ejakulasi dini. Bahkan jika seseorang sampai merasa sangat tertekan bukan hanya ejakulasi dini, bahkan bisa sampai terjadi kegagalan ereksi.  

  1. Pengalaman traumatis

Pengalaman buruk saat kecil seperti pelecehan seksual atau pernah kepergok melakukan masturbasi dapat menimbulkan ejakulasi dini ketika anak tumbuh menjadi dewasa. Pria yang sering masturbasi saat remaja akan membuat penis menjadi sensitif terhadap rangsangan sekecil apapun. Hal ini disebabkan karena penis sudah biasa diminta bekerja dan memiliki program otak untuk cepat mencapai klimaks atau orgasme.

Itulah beberapa penyebab ejakulasi dini pada pria. Sebaiknya jika kamu mengalami ejakulasi dini yang tak kunjung sembuh, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog. Serta gaya hidup sehat dan jauhi stress. Semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *