Berapa Batas Aman Pinjam Dana Untuk Modal Bisnis?

Sebetulnya tidak ada larangan pinjam dana untuk modal bisnis. Apalagi jika pinjaman digunakan untuk kebutuhan yang bersifat produktif. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana untuk modal usaha.

Mengumpulkan modal usaha bisa dilakukan dengan cara menabung. Tentu saja cara seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Agar modal cepat terkumpul, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman melalui lembaga konvensional maupun fintech yang belakangan menjadi primadona karena kemudahan yang diberikan kepada calon nasabah.

Beberapa hal di bawah harus dipertimbangkan sebelum meminjam dana untuk modal bisnis:

1 . Memahami persyaratan pinjam dana secara lengkap.

Perusahaan biasanya sudah menginformasikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman. Syarat-syarat tersebut berupa dokumen penting  menunjukkan tentang identitas nasabah serta tempat tinggal nasabah secara jelas. 

Beberapa lembaga keuangan konvensional biasanya membutuhkan persyaratan tambahan seperti izin usaha serta legalitas usaha dari pihak-pihak terkait termasuk kebutuhan survei tempat usaha yang sudah dijalankan minimal antara satu sampai dengan dua tahun.

Sedangkan fintech lebih mudah lagi, karena syarat yang dibutuhkan hanya berupa identitas,  tempat tinggal ataupun domisili dan juga bukti penghasilan usaha atau pendapatan bulanan dengan jumlah tertentu atau batasan tertentu.

Oleh karena itu nasabah sebaiknya mempelajari karakteristik maupun persyaratan pinjaman yang ditentukan oleh perusahaan yang dipilih. Pastikan juga memilih perusahaan yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. 

2.  Memastikan kamu pinjam dana sesuai kebutuhan

Gagal dalam merencanakan sama dengan gagal dalam berbisnis.  Oleh karena itu pastikan bahwa dana yang dipinjam memang sesuai dengan kebutuhan. Bukan semata perhitungan kasar atau pun untuk menutupi biaya yang belum diperhitungkan dengan matang.

Jumlah ideal pinjaman setidaknya tidak lebih besar dari sepertiga potensi pendapatan. Jika potensi pendapatan bulanan sebesar Rp10 juta, pastikan tidak meminjam lebih dari Rp3 juta per bulan. Rasio besaran pinjaman pun harus lebih rasional karena potensi pendapatan bulanan belum tentu sesuai dengan perkiraan.  

3.  Melakukan perbandingan bunga pinjaman dari berbagai perusahaan.

Meskipun pinjaman digunakan untuk kebutuhan produktif bukan berarti tidak melakukan perbandingan bunga pinjaman dari berbagai perusahaan yang menawarkan kredit. Kamu juga perlu melakukan perbandingan bunga serta cicilan pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kemampuan membayar utang cicilan.

4. Menyiapkan dana cadangan.

Bisnis yang dijalankan pasti memiliki risiko kerugian di awal pembukaan. Agar tidak terjebak dengan utang, pastikan memiliki dana cadangan atau dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat bisnis tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Idealnya dana cadangan bisa menutupi biaya operasional bisnis selama enam bulan ke depan. Dengan begitu, risiko kerugian bisa ditekan. Terutama untuk membayar cicilan di semester pertama. 

5.  Pinjaman sesuai dengan perencanaan bisnis.

Dalam menjalankan bisnis pasti ada perencanaan bisnis yang sudah dilakukan. Rencana pinjaman termasuk rencana pelunasan sudah wajib dituliskan dalam perencanaan. Contohnya jika pinjaman sebesar Rp3 juta, berapa lama pinjaman tersebut sudah harus dilunasi, apakah dalam jangka waktu tiga bulan atau dalam jangka waktu enam bulan. 

Semakin singkat tenor yang dipilih akan semakin bagus agar bisnis tidak terus menerus dibebani dengan pembayaran cicilan utang. Dengan begitu, harapannya sesuai dengan perencanaan bisnis yang sudah diperhitungkan.

Oleh karena itu, jika ingin pinjam dana untuk bisnis pastikan mengajukan kepada fintech tepercaya seperti Kredivo yang sudah terdaftar di OJK. Kredivo memberikan kredit limit hingga Rp30 juta dengan bunga rendah hanya 2.95% saja per bulan. Sementara fintech lain ada yang memberikan bunga tinggi hingga 1% per hari.

Kredivo bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan pinjaman bisnis skala kecil maupun menengah. Cicilan bisa disesuaikan dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Unduh aplikasi resmi Kredivo di Google Play Store maupun App Store. Lakukan pendaftaran secara online dengan mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *